Disdukcapil Klungkung Mendukung Pilkada Serentak Tahun 2018

  • 16 Juni 2017
  • Dibaca: 55 Pengunjung
Disdukcapil Klungkung Mendukung Pilkada Serentak Tahun 2018

MATERI SOSIALISASI KEBIJAKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TAHUN 2017

Tema Sosialisasi Tahun 2017 ini adalah

VALIDASI DATA KEPENDUDUKAN

GUNA MENDUKUNG MENDUKUNG PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

 

Pilkada Serentak Tahun 2018 adalah Pilkada serentak Tahap kedua, dimana Tahap pertama sudah dilaksanakan pada tahun 2017. Pada tahun 2018 sebanyak 171 daerah melaksanakan Pilkada. Pilkada serentak di Propinsi Bali pada tahun 2018 dilakukan oleh 3 daerah yaitu

1.   Pemilihan Gubernur Bali

2.   Pemilihan Bupati Gianyar. dan

3.   Pemilihan Bupati Klungkung

 

Permasalahan Pilkada yang berhubungan dengan administrasi kependudukan terjadi pada Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tetap. Secara garis besar masalah tersebut dibagi menjadi 2 masalah

1.   Tidak terdaftarnya penduduk yang memenuhi syarat dalam daftar pemilih.

2.   Terdaftarnya penduduk yang tidak memenuhi syarat dalam daftar pemilih.

 

Penduduk yang berhak memilih tapi tidak tercantum dalam dafar pemilih karena :

1.   Ada kesalahan pada pencantuman tanggal kelahiran,

2.   Penduduk yang sudah/pernah menikah tidak memiliki akta perkawinan;

3.   Penduduk pindahan tidak membawa surat pindah;

4.   Pensiunan TNI/Polri yang belum mengubah jenis pekerjaan.

 

Penduduk yang tidak berhak memilih tapi tercantum dalam datftar pemilih karena :

1.   Ada kesalahan pada pencantuman tanggal kelahiran,

2.   Penduduk yang sudah pindah tidak memohon surat pindah;

3.   Memilik pekerjaan sebagai TNI/Polri yang belum mengubah jenis pekerjaan.

4.   Penduduk yang sudah meninggal tetapi belum terhapus dari kartu keluarga.

 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka kami minta agar dilakukan validasi data kependudukan berbasis kartu keluarga. Validasi tersebut meliputi :

1.   Penghapusan data penduduk yang sudah meningal dengan membuatkan akta kematian;

2.   Update pekerjaan, terutama untuk TNI/Polri.

3.   Update Status Perkawinan dengan membuatkan akta perkawinan.

4.   Validasi penduduk ganda.

5.   Validasi penduduk tercecer.

6.   Perekaman KTP elektronik.

 

Untuk membantu Desa/kelurahan melakukan validasi data kependudukan, maka kami sudah kirimkan

 

1.   Daftar Penduduk yang berumur 70 tahun ke atas;

2.   Daftar Penduduk yang belum melakukan perekaman KTP elektronik;

3.   Daftar penduduk yang teridentifikasi ganda.

 

Validasi data penduduk untuk saat ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan program unggulan kami melalui inovasi-inovasi yang sudah kami ciptakan guna mempercepat cakupan kepemilikan dokumen dan validasi data kependudukan.

 

Inovasi Pertama

BELA NANDA (Begitu Lahir Anak Mendapatkan Akta Kelahiran)

 

Walaupun bela nanda inovasi untuk penerbitan akta kelahiran, namun salah satu persyaratan untuk mendapatkan bela nanda adalah akta perkawinan, oleh karena itu kepemilikan akta perkawinan diharapkan juga meningkat.

Saat ini bela nanda sudah bisa dilayani di semua RSU Klungkung dan Puskesmas Nusa Penida 1 dan 2, serta Puskesmas Banjarangkan.

 

Inovasi Kedua

KAWI SMARA (Pemberian Akta Perkawinan Saat Melaksanakan Upacara Perkawinan)

 

Kawi Smara adalah usaha dinas untuk memberikan kemudahan kepada penduduk yang akan memohon akta perkawinan, sekaligus untuk validasi data kependudukan saat itu juga.

 

Inovasi Ketiga

CALING TANDUK (Disdukcapil Keliling Mencetak Dokumen Kependudukan)

 

Inovasi ini adalah pelayanan keliling untuk memudahkan masyarakat melakukan permohonan dokumen kependudukan. Yang paling sering kami datangi adalah Kecamatan Nusa Penida, setiap tahun kami ke Nusa Gede 10 kali serta ke Lembongan-Jungut Batu 2 kali. Dengan caling tanduk diharapkan biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat terutama yang di nusa penida untuk mengurus dokumen kependudukan menjadi lebih ringan.

 

Inovasi Keempat

PREDATOR (Perekaman Data KTP elektronik dengan Sepeda Motor)

 

Predator menyasar penduduk lansia dan disabilitas, untuk penduduk lansia bisa di cek di daftar penduduk yang berusia 70 tahun yang sudah kami kirim.

 

Inovasi Kelima

DISDUKCAPIL GOES TO SCHOOL (Perekaman KTP elektronik di Sekolah)

 

Perekaman KTP elektronik yang menyasar Wajib KTP usia pemula. Perekaman KTP el di sekolah sudah menjangkau hampir seluruh sekolah yang ada di klungkung.

 

Inovasi Keenam

TIM BETA (Tim Pembersihan Data)

 

Tim Beta bertugas untuk menghapus data ganda, menghapus penduduk yang sudah meninggal, seperti pelaksanaan akta kematian massal yang sedang berjalan.

 

Inovasi Ketujuh

Tim ALVA

Tim Pelayanan on Vacation atau Pelayanan pada hari libur

 

Tim ini memang belum maksimal bertugas karena kendala jadwal dengan keluarga atau kegiatan adat di Bali. Tim ini bertugas pada hari libur untuk melayani penduduk yang tidak bisa datang ke dinas karena alasan bekerja atau sekolah.

 

Inovasi Kedelapan

SIAK SI (Siak terintegrasi)

 

Siak Si adalah penanam aplikasi SIAK di Kantor Desa/Kelurahan. Desa/Kelurahan cukup menyediakan 1 buah Perangkat Komputer yang terkoneksi internet dan petugas yang akan melakukan entry data. Kewenangan dalam SIAK SI adalah entry anak usia dibawah 60 hari, entry akta kelahiran, entry akta kematian dan BIP format PDF. Petugas desa/kelurahan cukup melakukan entry data di desa selanjutnya ambil dokumen tanpa antre di dinas. Tata cara penandatangan dokumen mengikuti ketentuan yang berlaku.

 

Inovasi Kesembilan

PITRA BAKTI (Pelayanan Terintegrasi untuk Penerbitan Akta Kematian)

 

Begitu ada orang meninggal, Perangkat Desa segera bisa melakukan entry di SIAK SI, kemudian ke dinas untuk ttd saksi dan pelapor. Bagi desa/kelurahan yang belum terpasang SIAK SI bisa mendapatkan PITRA BAKTI  dengan mengajukan permohonan lewat SMS ke 0813 3971 1616, dengan mengirimkan NIK dan nama jenazah, tanggal kematian, anak ke berapa? NIK pelapor dan 2 saksi namun tetap membuat berkas persyaratannya.

 

Inovasi Kesepuluh.

BAKTI KENCANA (Pemberian Akta Kematian untuk Korban Bencana Alam/Sosial)

 

Dalam bakti kencana, semua komponen harus aktif. Begitu terdengar ada bencana alam/sosial yang mengakibatkan korban meninggal, begitu korban teridentifikasi sebagai penduduk Klungkung, segera hubungi dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk membuatkan akta kematian. Bakti Kencana berlaku untuk korban bencana alam/sosial yang jenazahnya sudah ditemukan.

 

 

Inovasi Kesebelas

BEDAH DESA

 

Ini merupakan gabungan dari semua inovasi yang memungkinkan untuk dilakukan di desa/kelurahan berdasarkan kebutuhan yang ada. Dalam bedah desa yang sudah kami uji coba di Kelurahan Klod Kangin inovasi pelayanan yang bisa dilakukan adalah Caling Tanduk, Predator, Tim Beta dan pemasangan SIAK SI.

Data penduduk sebagai bahan bedah desa sudah kami kirimkan ke semua desa/kelurahan, mohon untuk segera di validasi, setelah itu mohon ke dinas untuk melakukan bedah desa.

 

Inovasi Keduabelas

Adhi Sewaka Cihna Warga

 

Merupakan penghargaan yang diberikan kepada desa/kelurahan sebagai desa tertib administrasi. Penghargaan ini adalah untuk yang pertama kali diselenggarakan. Kriteria penilaiannya adalah meliputi 4 katagori

1.   Cakupan kepemilikan Kartu Keluarga;

2.   Cakupan Perekaman KTP elektronik;

3.   Cakupan kepemilikan Akta Kelahiran Anak (0-18 tahun)

4.   Tingkat Ketunggalan Data.

 

Bersama ini Kami ucapkan selamat kepada Desa Kampung Toya Pakeh, Desa Tohpati, Desa Satra dan Desa Dawan Kelod yang sudah memperoleh Penghargaan Adhi Sewaka Cihna Warga.

 

 

Sekian.

  • 16 Juni 2017
  • Dibaca: 55 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel